Sabtu, 30 April 2011

Mencuci Rangka

Musim penghujan sering mengakibatkan banjir di beberapa wilayah sehingga motor kesayangan anda akan terendam. Anda tidak harus memfokuskan pada mesin dan kabel kelistrikan tetapi juga mengecek bagian rangka sebagai tulang utama. Sehingga anda harus melakukan perawaran khusus jika rangka tidak ingin menjadi berkarat.

Cermati bagian frame yang berlubang. Endapan lumpur dari banjir bisa mengakibatkan rangka berkarat sehingga akan rapuh. Karena endapan lumpur akan membuka rangka retak. Karat pasti datang terutama dilekukan atau sambungan las yang catnya terkelupas. Memang dalaman pipa rangka sekarang sudah dilindungi antikarat yang sudah dilengkapi lubang pembungan air. Jadi tidak perlu takut berlebihan.

Meski diklaim sudah dilindungi, gimana dengan motor yang belum atau tidak ada lubang pembuangannya. Sebaiknya anda tetap cuci meski ada atau tidak ada lubang pembuangan dan caranya pun tidak terlalu rumit. Apalagi motor habis terendam banjir. Pasti bongkar cover bodi untuk mengetahui sisa air pasca banjir yang menyelinap masuk. Jadi sebaiknya anda cuci rangka dengan menggunakan air bersih yang minim zat besi yang menjadi penyebab timbulnya karat.
Jika motor sudah dibongkar maka hal pertama yang anda lakukan adalah mencuci semua bagian rangka. Dari depan hingga belakang dengan menggunakan air bersih. Jika ada celah atau lubang di rangka maka langsung saja disemprot.

Langkah selanjutnya, jika ingin air bekas guyuran di dalam pipa benar-benar bersih terbuang keluar maka sebaiknya disemprot angin kompresor. Khususnya pada lubang bekas sambungan las atau lekukan besi yang memiliki resiko menampung air. Setelah selesai mencuci dan untuk memperpanjang umur pakai dan melindungi dari karat maka lumasi dengan menggunakan cairan pelumas ke seluruh bagian rangka.
Anda bisa gunakan oli girboks yang kental atau bisa gunakan WD40.

Semoga hal ini bermanfaat untuk anda.

(dari berbagai sumber)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar