Senin, 06 Juni 2011

SMALLVILLE


Smallville mengisahkan sepak terjang pemuda desa bernama Clark Kent yang ketika dewasa nanti kita kenal dengan sebutan Superman.

Kisahnya sendiri dimulai ketika Smallville, sebuah desa di wilayah negara bagian Kansas, dihujani meteor yang memporak-porandakan desa tersebut. Ternyata hujan meteor itu mengiringi sebuah wahana ruang angkasa yang membawa seorang bayi mungil yang jatuh di sebuah ladang milik keluarga Kent. Pasangan Jonathan dan MarthaKent yang tidak dianugrahi anak mengangkat bayi itu sebagai anak mereka dan menamainya Clark Kent.
Seiring tumbuhnya Clark ternyata ia memiliki kekuatan yang tidak dimiliki oleh anak-anak lain di desa itu. Ia sangat kuat, cepat dan tubuhnya tidak terluka oleh apapun. Berbagai kejadian yang dilalui Clark yang berhubungan dengan keistimewaannya, membuat ayahnya, Jonathan Kent terpaksa membuka rahasia tentang asal-usul Clark dan meminta anaknya untuk menggunakan kekuatannya dengan bertanggung jawab.
Di sisi lain, meteor yang menghujani desa itu ternyata juga mengubah hidup beberapa tokoh dalam serial ini, seperti Lana Lang yang harus kehilangan kedua orang tuanya akibat peristiwa itu dan Lex Luthor kehilangan rambutnya akibat terserempet serpihan meteor. Hujan meteor ini juga mengangkut kristal yang di kemudian hari dikenal dengan sebutan kryptonite yang ternyata membuat banyak masalah bagi Clark dan berpengaruh buruk bagi orang lain. Konflik antara Clark dan kekuatannya, hubungannya dengan tokoh-tokoh lain seperti Lana Lang, Lex Luthor, Pete Ross, Chloe Sullivan, Jor-El (sang ayah sebenarnya), Dr. Hamilton, Perry White, Lois Lane dan nama-nama lainnya serta musuh-musuh Clark yang dihadirkan dalam serial ini seakan-akan membuat kita untuk mempersiapkan diri menanti superhero yang sebenarnya yang akan dilakoni oleh Clark Kent di masa depan, yaitu Superman.
Smallville pada dasarnya merupakan adaptasi cerita klasik Superman ke dalam kehidupan modern. Dapat dikatakan produser film serial ini dengan berani memberikan interpretasi baru kepada kisah Superman dan membuat perombakan besar-besaran pada ceritanya. Untuk penggemar Superman pasti tahu kalau mau mengikuti serial ini.
Dengan kata lain, cerita Superman dimodifikasi dan dikacaukan habis-habisan dengan cara yang fresh, rumit dan bikin penasaran. Jangan harap menemukan kisah sederhana tentang seorang Clark yang menggunakan kekuatannya untuk menolong orang lain seperti kisah Superman lain. Akan ada konflik, perubahan watak tokoh-tokohnya, perubahan bentuk hubungan dan hal-hal lain yang mengejutkan. Karena film serial ini lebih ke arah drama-aksi.
Satu yang menonjol dari Smallville adalah Clark tidak memakai kostum ketat warna merah birunya. Pihak produser mengatakan bahwa sampai akhir cerita Smallville, Clark tetap tidak akan mengenakan kostum. Inilah era baru superhero. Superhero tanpa kostum, dan kelihatannya ide ini diikuti oleh serial lain semacam Heroes.
Pastinya ada juga fans Superman yang kecewa karena Clark tidak berkostum, tapi justru inilah daya tarik utama pada awal premiere Smallville. Orang-orang pasti penasaran, apa menariknya dan bagaimana jadinya superhero besar seperti Superman tidak mengenakan kostum.
Yang menarik adalah walau sang tokoh utama tidak berkostum tapi superhero-superhero lain yang terkenal kadang-kadang mampir dan menjadi bintang tamu dan mereka mengenakan kostum. Yah, tetap saja kostumnya dimodifikasi ala modern.
Pertama kalinya Justice League muncul (bukan animasi) di Smallville pada session 6, tokoh kenamaan seperti Flash, Green Arrow, Aquaman, dan Cyborg (sebenarnya Cyborg bukan anggota Justice Leaque tapi anggota Ten Titans-tandingan Justice Leaque) muncul dengan mengenakan kostum. Pada session 7, Kara Zor-El alias Supergirl muncul. Kara adalah saudara sepupu Clark. Zor-EL adalah adik Jor-El, ayah Clark.

Sumber : http://www.my-dailyplanet.net/2008/05/smallville

Tidak ada komentar:

Posting Komentar